Lompat ke isi

Mary, Permaisuri Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mary, Permaisuri Denmark
Ratu Mary pada tahun 2023
Permaisuri Denmark
Periode14 Januari 2024 - sekarang
(187 hari)
PendahuluPangeran Henrik
Informasi pribadi
Kelahiran5 Februari 1972 (umur 52)
Hobart, Tasmania, Australia
Nama lengkap
Mary Elizabeth Donaldson
AyahJohn Dalgleish Donaldson
IbuHenrietta Clark Horne
PasanganFrederik X
Anak
AgamaGereja Lutheran Denmark,
sebelumnya Presbiterian
Tanda tanganMary, Permaisuri Denmark
Keluarga Kerajaan Denmark

Baginda Sang Raja
Baginda Sang Permaisuri


Baginda Ratu Margrethe II


Paduka Putri Benedikte dari Denmark dan Sayn-Wittgenstein-Berleburg

  • Paduka Sang Pangeran dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg
  • Paduka Putri Alexandra dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg, Pangeran Wanita Ahlefeldt-Laurvig-Bille
    Pangeran Michael Ahlefeldt-Laurvig-Bille
    • Pangeran Richard von Pfeil und Klein-Ellguth
    • Pangeran Wanita Ingrid von Pfeil und Klein-Ellguth
  • Paduka Putri Nathalie dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg, Ny. Johannsmann
    Tn Alexander Johannsmann
    • Master Konstantin Johannsmann
    • Nn. Louisa Johannsmann

Baginda Ratu Anne - Marie, Putri dari Denmark



Mary, Permaisuri Denmark RE (nama lahir: Mary Elizabeth Donaldson; lahir 5 Februari 1972) adalah Ratu Denmark sejak 2024 sebagai permaisuri dari Raja Frederik X setelah abdikasi Ibu Mertuanya, Ratu Margrethe II .

Mary merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Skotlandia.[1]

Kehidupan Awal

[sunting | sunting sumber]

Mary Elizabeth Donaldson lahir pada 5 Februari 1972 di Rumah Sakit Queen Alexandra di Battery Point, sebuah pinggiran kota Hobart, Tasmania. Dia adalah anak bungsu dari empat bersaudara dengan orang tua keturunan Skotlandia, Henrietta (née Horne), seorang asisten eksekutif untuk wakil rektor Universitas Tasmania, dan John Dalgleish Donaldson, seorang akademisi, profesor matematika dan anggota Clan MacDonald. Kakek dari pihak ayahnya adalah Kapten Peter Donaldson (1911–1978). Dia diberi nama sesuai dengan nama kedua neneknya, Mary Dalgleish dan Elizabeth Gibson Melrose, dan lahir serta dibesarkan di Hobart. Dia memiliki dua kakak perempuan, Jane Stephens dan Patricia Bailey, dan seorang kakak laki-laki, John Stuart Donaldson. Ibunya meninggal karena komplikasi setelah operasi jantung pada 20 November 1997, ketika Mary berusia 25 tahun. Pada tahun 2001, ayahnya menikah dengan penulis dan novelis Inggris Susan Moody (née Horwood).

Selama masa kecilnya, Mary terlibat dalam olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dia belajar musik, bermain piano, flute, dan klarinet, serta bermain bola basket dan hoki.

Pendidikan

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1974, Mary memulai sekolahnya di Clear Lake City Elementary School di Houston, Texas, ketika ayahnya, seorang profesor matematika terapan, bekerja di Pusat Luar Angkasa Johnson. Kemudian dia pindah ke Sandy Bay, Tasmania, dari tahun 1975 hingga 1977. Pendidikan dasarnya, dari tahun 1978 hingga 1983, berlangsung di Waimea Heights dengan pendidikan menengahnya (1984-1987) di Taroona High School, dan matrikulasi (1988-1989) di Hobart College. Dia belajar di Universitas Tasmania dari tahun 1990 hingga 1994, lulus dengan gelar gabungan Sarjana Perdagangan dan Sarjana Hukum pada 27 Mei 1995. Dari tahun 1994 hingga 1996, dia mengikuti program pascasarjana dan memperoleh sertifikat dalam periklanan dari Advertising Federation of Australia (AFA) dan pemasaran langsung dari Australian Direct Marketing Association (ADMA).

Bahasa ibunya adalah bahasa Inggris, dan dia mempelajari bahasa Prancis selama pendidikan menengahnya. Pada tahun 2002, dia sempat bekerja sebagai tutor bahasa Inggris di Paris saat berkencan dengan Putra Mahkota Frederik. Setelah pindah ke Denmark dan sebelum pernikahannya, Mary belajar bahasa Denmark sebagai bahasa asing di Studieskolen di Kopenhagen pada tahun 2003.

Mary bekerja untuk agensi periklanan Australia dan global setelah lulus pada tahun 1995. Setelah lulus, dia pindah ke Melbourne untuk bekerja di bidang periklanan. Dia menjadi trainee di bidang pemasaran dan komunikasi di kantor Melbourne DDB Needham, menempati posisi account executive. Pada tahun 1996, dia dipekerjakan oleh Mojo Partners sebagai manajer akun. Pada tahun 1998, enam bulan setelah kematian ibunya, dia mengundurkan diri dan melakukan perjalanan ke Amerika dan Eropa. Di Edinburgh, dia bekerja selama tiga bulan sebagai manajer akun di Rapp Collins Worldwide; kemudian, pada awal 1999, dia ditunjuk sebagai direktur akun di agensi periklanan internasional Young & Rubicam di Sydney.

Pada Juni 2000, Mary pindah ke agensi Australia yang lebih kecil, Love Branding, bekerja untuk waktu yang singkat sebagai direktur akun pertamanya. Pada musim semi (Australia) tahun 2000, dia menjadi direktur penjualan dan anggota tim manajemen Belle Property, sebuah perusahaan real estate. Pada paruh pertama tahun 2002, Mary mengajar bahasa Inggris di sebuah sekolah bisnis di Paris, tetapi setelah pindah ke Denmark secara permanen, dia dipekerjakan oleh Microsoft Business Solutions (5 September 2002 - 24 September 2003) di dekat Kopenhagen sebagai konsultan proyek untuk pengembangan bisnis, komunikasi, dan pemasaran.

Kehidupan Pribadi

[sunting | sunting sumber]

Pacaran dan Pertunangan

[sunting | sunting sumber]

Mary bertemu dengan Putra Mahkota Frederik dari Denmark di Slip Inn pada tahun 2000 selama Olimpiade Musim Panas di Sydney. Frederik berada di bar bersama saudaranya Pangeran Joachim, sepupunya Pangeran Nikolaos dari Yunani dan Denmark, serta Felipe yang saat itu masih Pangeran Asturias dan Putri Märtha Louise dari Norwegia. Felipe mengenal teman sekamar Mary. Frederik tidak dikenali oleh teman-teman Mary sebagai Putra Mahkota Denmark sampai setelah mereka bertemu. Mereka menjalin hubungan jarak jauh dan Frederik beberapa kali melakukan kunjungan diam-diam ke Australia. Pada 15 November 2001, majalah mingguan Denmark Billed Bladet menyebut Mary sebagai kekasih Frederik. Dia pindah dari Australia ke Denmark pada Desember 2001, saat dia bekerja sebagai tutor bahasa Inggris di Paris.

Pada 24 September 2003, istana Denmark mengumumkan bahwa Ratu Margrethe II bermaksud memberikan persetujuannya untuk pernikahan tersebut pada pertemuan Dewan Negara yang dijadwalkan pada 8 Oktober 2003. Frederik telah memberikan Mary cincin pertunangan dengan berlian potongan emerald dan dua batu ruby potongan emerald, yang warnanya mirip dengan bendera Denmark. Pasangan ini secara resmi bertunangan pada 8 Oktober 2003.

Pernikahan dan Keluarga

[sunting | sunting sumber]
Mary dan Frederik di Pernikahan Putri Madeleine dan Christopher O'Neill (Stockholm, Juni 2013).

Mary dan Frederik menikah pada 14 Mei 2004 di Katedral Kopenhagen, di Kopenhagen. Pasangan tersebut dilaporkan menghabiskan bulan madunya di Afrika. Pernikahannya dengan Frederik pada tahun 2004 menyita perhatian media Australia dan Eropa dan digambarkan sebagai "dongeng" versi modern kisah cinta antara seorang pangeran dan rakyat jelata.[2]

Sesuai hukum parlemen Denmark, Mary diberi kewarganegaraan Denmark setelah menikah dengan Putra Mahkota Frederik. Dia juga beralih agama dari Presbiterian menjadi Lutheran, agama keluarga kerajaan Denmark, setelah pernikahannya.

Bersama Frederik, Mary melahirkan empat orang anak, masing-masing berada dalam urutan pewaris takhta Denmark setelah ayah mereka.

Sebagai penutur asli bahasa Inggris, prioritas Mary sejak masa pertunangannya adalah menjadi fasih berbahasa Denmark dan dia mengakui dalam beberapa wawancara pada saat pertunangan dan pernikahannya bahwa ini merupakan tantangan baginya.

Mary dan keluarganya tinggal di Istana Frederik VIII, salah satu dari empat istana yang membentuk kompleks Istana Amalienborg. Sejak Mei 2004, mereka juga tinggal di Chancellery House, sebuah bangunan di taman Istana Fredensborg, selama bulan-bulan musim panas.

Mary adalah penggemar berkuda yang antusias dan telah berpartisipasi dalam beberapa acara dressage.

Mary adalah ibu baptis dari, antara lain, Putri Estelle dari Swedia, yang juga diberi nama kedua Mary sebagai penghormatan kepadanya, dan keponakannya, Count Henrik dari Monpezat (sebelumnya Pangeran Henrik dari Denmark).

Ratu Permaisuri Denmark

[sunting | sunting sumber]

Mary menjadi Ratu pendamping Denmark setelah turun takhta Ratu Margrethe II dan naiknya suaminya sebagai Raja Frederik X pada 14 Januari 2024. Setelah Frederik diproklamasikan sebagai Raja dari balkon Istana Christiansborg, Mary bergabung dengan Frederik di balkon untuk melambaikan tangan kepada kerumunan. Keesokan harinya, 15 Januari, keluarga kerajaan menghadiri upacara di Folketing untuk menandai pergantian monarki, dan pada 21 Januari, mereka menghadiri kebaktian di Katedral Aarhus.

Raja dan Ratu melakukan kunjungan kenegaraan pertama mereka dari 6-7 dan 14-15 Mei 2024 ketika mereka mengunjungi Swedia dan Norwegia. Pada bulan Juni, mereka akan melakukan tur ke wilayah otonom Kerajaan Denmark, yaitu Kepulauan Faroe dan Greenland.

Kegiatan Publik, Amal, dan Pelindung

[sunting | sunting sumber]
Mary menghadiri pernikahan Putri Mahkota Victoria dari Swedia. Ia tertangkap foto bersama : Frederik; Willem-Alexander dari Belanda; Máxima dari Belanda; Mette-Marit dari Norwegia; dan Beatrix dari Belanda.

Setelah pernikahan, pasangan Putra Mahkota memulai tur kerja musim panas di daratan Denmark dengan kapal pesiar kerajaan Dannebrog, kemudian melakukan perjalanan ke Greenland dan Olimpiade Athena 2004. Pada tahun 2005, selama perayaan 200 tahun Hans Christian Andersen, keluarga kerajaan terlibat dalam berbagai acara terkait sepanjang tahun. Frederik dan Mary menandai peringatan tersebut di London, New York, dan Australia, di mana Mary diangkat sebagai Duta Besar Kehormatan Hans Christian Andersen untuk Australia di Ruang Utzon Opera House Sydney.

Setelah menjadi Putri Mahkota, Mary melakukan sejumlah kunjungan internasional, dan Frederik dan Mary berpartisipasi dalam upacara pemakaman kembali Maharani Maria Feodorovna di Denmark dan Saint Petersburg pada tahun 2005. Pada November 2009, Mary melakukan kunjungan mendadak ke tentara Denmark di Provinsi Helmand, Afghanistan. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah FOB Armadillo.

Selama Sidang Dewan Negara pada 2 Oktober 2019, permintaan Ratu untuk menunjuk Mary sebagai rigsforstander, seorang regent yang berfungsi ketika monarki atau pewaris tahta berada di luar negeri, disetujui oleh pemerintah. Setelah bersumpah untuk menghormati konstitusi Denmark, dia menjadi orang pertama yang tidak lahir dalam keluarga kerajaan yang menduduki posisi rigsforstander sejak Ratu Ingrid pada tahun 1972.

Mary terpilih sebagai Wanita Tahun 2008 oleh majalah Denmark Alt for damerne, dan menyumbangkan hadiah uangnya untuk amal. Dia diwawancarai oleh Parade Magazine (AS), dalam program televisi Andrew Denton (Australia), dan oleh USA Today (AS).

Dia menjabat di dewan direksi The Royal Danish Collection.

Patronase dan Ketertarikan

[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2004, Mary secara konsisten bekerja untuk membangun hubungannya dengan berbagai organisasi, termasuk isu-isu mereka, misi, program, dan staf. Patronase-nya mencakup berbagai bidang seperti budaya, industri mode, bantuan kemanusiaan, dukungan untuk penelitian dan sains, patronase sosial dan kesehatan, serta olahraga. Organisasi yang menjadi patronnya telah melaporkan hasil positif dari hubungan mereka dengan Mary, dan ada berbagai laporan di media Denmark serta di beberapa situs web organisasi yang menunjukkan keterlibatannya yang cukup besar dalam hubungan kerjanya dengan mereka. Saat ini, Mary terlibat dalam mendukung program anti-obesitas melalui Organisasi Kesehatan Dunia, Kantor Regional untuk Eropa.

Dalam konteks isu-isu imigran di Denmark, Mary telah mengunjungi daerah-daerah migran yang kurang beruntung seperti Vollsmose (2006), Gellerup (2007), dan Viborg (2010), serta telah berpartisipasi dalam proyek integrasi termasuk pengajaran bahasa Denmark kepada para pengungsi. Sebagai patron dari Dewan Pengungsi Denmark, Mary mengunjungi Uganda (2008) dan Afrika Timur (2011) serta mendukung penggalangan dana untuk wilayah tersebut.

Mary juga memainkan peran aktif dalam mempromosikan program anti-perundungan berdasarkan model Australia melalui naungan Save the Children Denmark. Ia juga terlibat dalam kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan praktik aman di kalangan warga Denmark tentang kanker kulit melalui Danish Cancer Society.

Mary juga merupakan Gubernur Kehormatan Seumur Hidup dari Victor Chang Cardiac Research Institute yang berbasis di Garvan Institute/St Vincent's Hospital, Sydney, anggota Komite Internasional Pemimpin Wanita untuk Kesehatan Mental, dan anggota berbagai klub olahraga (berkuda, golf, dan berlayar). Pada Juni 2010, diumumkan bahwa Mary telah menjadi Patron UNFPA, Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa, "untuk mendukung pekerjaan badan tersebut dalam mempromosikan kesehatan ibu dan keselamatan melahirkan di lebih dari 150 negara berkembang". Mary memberikan dukungannya kepada sejumlah penyebab "satu kali" di Denmark, acara industri, dan konferensi internasional. Pada tahun 2011, Westmead Cancer Centre di Westmead Hospital di Sydney diganti namanya menjadi Crown Princess Mary Cancer Care Centre Westmead.

Mary juga merupakan patron aktif dari industri ekspor ketiga terbesar Denmark, industri mode, dan merupakan Patron dari Copenhagen Fashion Summit.

The Mary Foundation

[sunting | sunting sumber]

Pada 11 September 2007, Mary mengumumkan pendirian Mary Fonden [da] pada pertemuan perdana di Istana Amalienborg. Tujuan yayasan ini adalah untuk meningkatkan kehidupan yang terganggu oleh lingkungan, keturunan, penyakit, atau keadaan lain yang dapat mengisolasi atau mengecualikan orang secara sosial. Dana awal sebesar DKK 1,1 juta dikumpulkan di Denmark dan Greenland dan disumbangkan kepada Frederik dan Mary sebagai hadiah pernikahan pada tahun 2004. Mary adalah Ketua dari delapan yayasan. Pada tahun 2014, ia menerima Penghargaan Bambi atas pekerjaannya dengan yayasan tersebut.

Pada tahun 2016, pada Hari Internasional Melawan Homofobia dan Transfobia, Mary memberikan pidato tentang hak-hak LGBT di sebuah forum di Kopenhagen yang diselenggarakan oleh pemerintah Denmark. Dia menyerukan diakhirinya diskriminasi, penindasan, dan kekerasan terhadap orang-orang berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender. Pada Januari 2018, Mary menyampaikan pidatonya tentang kesetaraan LGBTQ+ di Majelis Parlemen Dewan Eropa. Pada 25 April 2018, dia diundang untuk memberikan penghargaan kehormatan kepada LGBT Danmark di Danish Rainbow Awards – AXGIL 2018. Dengan demikian, dia menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang menghadiri Danish Rainbow Awards. Dia juga menghadiri upacara penghargaan tersebut pada tahun 2019 dan 2020. Pada tahun 2020, Mary berbicara di festival kebanggaan virtual Copenhagen Pride.

Pada Oktober 2019, diumumkan bahwa Mary akan menjadi patron dari WorldPride Copenhagen 2021, menjadikannya bangsawan pertama yang menjadi patron untuk acara LGBT besar. Dia melakukan banyak keterlibatan sehubungan dengan acara tersebut dan juga memberikan pidato penutup pada perayaan selama seminggu pada 21 Agustus 2021.

Gambaran Publisitas dan Gaya

[sunting | sunting sumber]

Mary telah dinobatkan sebagai salah satu orang paling modis di dunia dalam Daftar Pakaian Terbaik Internasional tahunan Vanity Fair dan telah berpose serta memberikan wawancara untuk majalah termasuk Vogue Australia (di mana dia menggunakan potongan dari desainer asing, seperti Hugo Boss, Prada, Louis Vuitton, atau Gaultier, dan desainer Denmark, seperti Malene Birger dan Georg Jensen), Dansk (Majalah Denmark, didedikasikan untuk mode Denmark) dan Vogue Jerman (di mana dia difoto di antara karya seni modern Denmark di Istana Amalienborg). Mary juga berpose untuk majalah lain selama kehidupannya sebagai bangsawan, seperti The Australian Women's Weekly (di mana dia berbicara beberapa kali tentang kehidupannya sebagai bangsawan dan keluarganya), dan Parade.

Pada tahun 2010, keanggunannya dipuji oleh desainer Tommy Hilfiger, yang berkomentar "Saya telah melihat foto-fotonya dan dia berpakaian sangat baik. Mary memiliki gaya Eropa yang sangat canggih yang juga layak untuk seorang putri."

Perayaan Ulang Tahun ke-50

[sunting | sunting sumber]

Sejumlah acara resmi direncanakan untuk minggu ulang tahun Mary yang ke-50 pada 5 Februari 2022. Beberapa di antaranya, termasuk makan malam gala di Kastil Rosenborg, dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, namun beberapa ratus warga Denmark muncul di halaman Amalienborg pada siang hari di hari ulang tahun Mary. Alih-alih keluar ke balkon Istana Frederik VIII seperti biasanya dalam perayaan ulang tahun keluarga kerajaan Denmark, Mary dan tiga anak tertuanya keluar ke halaman untuk berterima kasih kepada orang-orang yang hadir. Sehari setelah ulang tahunnya, keluarga Putra Mahkota menghadiri konser yang disiarkan televisi untuk menghormatinya berjudul Mary 50 – kita merayakan Putri Mahkota Denmark yang diselenggarakan oleh TV2.

Untuk ulang tahun Mary yang ke-50, beberapa tempat di Denmark dinamai untuk menghormatinya: Universitas Kopenhagen menciptakan pusat pengetahuan bernama Crown Princess Mary Centre di mana Mary akan menjadi bagian dari Komite Penasihat; Rigshospitalet, Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, menamai departemen baru mereka untuk anak-anak, remaja, ibu hamil dan keluarga mereka sebagai Mary Elizabeth's Hospital untuk menghormati pekerjaan luas Mary dengan kesejahteraan anak-anak dan remaja, kesehatan ibu, dan jaringan rumah sakit untuk anak-anak dengan kanker; dan Kebun Binatang Kopenhagen menamai bagian bertema Australia dari kebun mereka sebagai Mary's Australian Garden.

  1. ^ Unitas No 256 Diarsipkan 2011-02-28 di Wayback Machine., p 5, 4 March 2004
  2. ^ e.g., Anthony Dennis So, this princess walks into a bar . . . Sydney Morning Herald 15 Mei 2004

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]
  • [1] Situs resmi